4 hal yang harus diketahui mengenai diet montignac

diet montignacDalam artikel sebelumnya telah dijelaskan secara mendetail tentang pengenalan dasar metode montignac, kali ini kita akan mengulas tentang apa saja yang perlu diketahui tentang teknik ini sebelum mulai menjalankannya.

Berikut adalah empat hal yang harus diketahui mengenai diet montignac seperti dikutip dari website resmi metode ini.

Indeks Glikemik

Michel Montignac, pelopor metode ini menyatakan bahwa berat badan sangat tergantung dengan makanan kita sehari-hari, dan makanan yang dianggap dapat menurunkan berat badan adalah makanan yang berglikemik rendah.

Glikemik sering dikaitkan dengan makanan berkarbohidrat seperti nasi, pasta dan gandum. Masing-masing memiliki index berbeda-beda, maksud dari teori ini adalah bila kadar glikemik tidak terlalu tinggi maka glukosa atau gula darah tidak akan mengalami lonjakan sehingga insulin juga dapat tetap dikontrol.

Singkatnya, tujuan dari diet ini adalah menjaga kadar glukosa agar tidak mengalami lonjakan drastis yang menyebabkan serangan jantung dan diabetes, selain itu ketika kadar insulin tetap rendah maka berat badan dapat dengan mudah diturunkan.

Oleh sebab itu penting kiranya mengetahui index glikemik setiap jenis makanan kemudian terapkan dalam teknik penurunan berat badan seperti telah dijelaskan di halaman selanjutnya.

Tidak semua karbohidrat jahat

Ini adalah salah satu metodologi montignac yang sedikit berseberangan dengan metode diet lainnya, jika sebelumnya anda membaca beberapa metode yang pernah dijelaskan, maka akan menemukan banyak teknik yang melarang konsumsi makanan berkarbohidrat, salah satunya adalah diet atkins.

Namun montignac memperkenankan para pesertanya untuk mengkonsumsi makanan ini, dengan syarat tidak terlalu berlebihan dalam memakannya dan tetap harus memperhatikan syarat utama yakni glikemik rendah.

Prinsip dasar

Tentu saja kita harus mengetahui dan memahami prinsip dasar suatu metode atau aturan tertentu, dengan mengetahui peraturan dasar tersebut diharapkan kita tidak akan tersesat dan hasil atau tujuan kita dapat tercapai dengan mudah.

Untuk point ini kami telah menerangkannya pada halaman sebelumnya yang bisa anda baca kembali di sini [Baca: Metodologi dan prinsip dasar montignac].

Larangan dan kebiasaan

Seperti diketahui bahwa semua jenis makanan yang berglikemik tinggi dilarang dalam teknik ini, oleh sebab itu bila anda termasuk salah satu orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi sirup jagung dan tidak dapat mengubah kebiasaan tersebut maka metode ini tidak cocok dijalankan.

Sirup jagung hanya salah satu contoh saja, artinya jika kita gemar mengkonsumsi makanan berglikemik tinggi dan tidak yakin mampu mengubah kebiasaan tersebut maka dianjurkan untuk mencari metode lain yang lebih cocok dengan kebiasaan tersebut.

Silahkan lihat kembali seluruh artikel kami dalam rubrik metode diet di bagian atas web ini, temukan dan pelajari metode yang menurut anda mudah diikuti dan tidak terlalu memberatkan.

tags: