4 Hal yang harus anda ketahui tentang jerawat pada remaja

jerawat pada remajaDibanding lainnya, masa remaja adalah masa yang paling rentan terhadap gangguan jerawat. Hal ini diakibatkan oleh berbagai macam sebab yang biasanya hanya ditemukan pada remaja.

Banyak data dan fakta yang mendukung teori di atas, beberapa diantaranya akan kita bahas di sini. Tulisan ini hanya sebagai bahan pembelajaran agar kita lebih mengetahui tentang fakta dan mitos yang berkembang.

Berikut adalah 4 hal yang wajib kita ketahui tentang jerawat pada remaja seperti dilansir dari berbagai sumber terpercaya.

1. Coklat tidak memiliki kaitan

Mungkin di beberapa daerah keuakinan tentang coklat sebagai bagian dari penyebab jerawat tidak berkembang, namun di daerah lainnya keyakinan ini ada dan terpelihara secara turun temurun.

Tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa coklat memiliki kaitan dengan jerawat, bahkan sebaliknya coklat justru membantu kita mendapatkan kulit sehat dan terbebas dari gangguan kulit.

Hal ini tidak lain karena coklat memiliki sifat yang sama dengan jeruk dan buah lainnya yang mengandung antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan salah satu sifat pada buah atau sayuran yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

Karena kulit bersentuhan langsung dengan alam sekitar maka organ tubuh yang paling rentan terhadap radikal bebas adalah kulit. Jerawat pun bisa diakibatkan oleh radikal bebas, dari sini bisa kita tarik kesimpulan bahwa keyakinan yang menganggap bahwa coklat harus dihindari agar terbebas dari jerawat adalah salah besar.

2. Bisa dilawan dengan antibiotik

Jika perawatan kulit yang telah kita lakukan belum benar-benar mampu mencegah munculnya jerawat, maka salah satu cara yang bisa kita tempuh adalah dengan menggunakan antibiotik.

Antibiotik ini berfungsi sebagai penghilang bakteri dan kuman penyebab jerawat, jika keduanya dapat dilenyapkan maka besar kemungkinan masalah tersebut dapat kita hindari.

Perlu diketahui bahwa untuk menggunakan antibiotik tertentu tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, kunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan saran dari ahlinya.

3. Pastikan kebersihan kulit terjaga

Kebersihan dalah faktor utama dalam mencegah dan melawan berbagai jenis penyakit dan gangguan kulit. Dengan membersihkan kulit secara teratur maka kita tidak akan mudah terkena gangguan tersebut.

Gunakan produk pembersih wajah atau kulit yang cocok dengan jenis kulit kita, kita juga bisa membuatnya secara mandiri dengan mengikuti panduan yang telah diterbitkan di halaman ini [Baca: Bersihkan kulit dengan menggunakan deep cleanser].

Jangan lupa pula pula untuk melakukan perawatan kulit sebelum tidur, ikuti panduan lengkapnya di halaman berikut [Baca: Cara merawat kulit sebelum tidur].

4. Usia hanyalah faktor kecil

Meskipun memang lebih sering ditemukan saat masih remaja, namun bukan berarti gangguan ini tidak bisa menyerang anak-anak atau orang tua lainnya.

Kebersihan dan metode perawatan kulitlah yang memegang peranan penting dalam hal ini. Untuk itu ikuti semua langkah dan metode yang pernah diterbitkan di web ini.

tags: