4 cara menghilangkan bekas jerawat

cara menghilangkan bekas jerawatMengatasi noda yang ditinggalkan jerawat memang tidak semudah menyingkirkan masalah jerawat, hal ini karena disebabkan adanya jaringan kulit yang rusak.

Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa metode dan langkah yang bisa kita piih agar noda tersebut segera hilang dari wajah kita, namun sebelum masuk ke topik utama terebut, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu jenis bekas jerawat yang paling sering ditemukan.

1. Berpigmen

Ini merupakan tipe yang paling ringan dan mudah diobati, bahkan pada beberapa kasus tertentu dapat hilang dengan sendirinya. Ciri utama yang paling mudah dikenali adalah noda tersebut berwarna coklat atau kemerahan.

2. Terdapat cekungan atau lubang

Tipe ini merupakan yang paling sulit diatasi karena terdapat kerusakan jaringan di bawah permukaan kulit, salah satu langkah yang diambil oleh dokter kulit biasanya meliputi tehnik stimulasi protein agar terbentuk kolagen dan protein elastin.

Setelah kita mengetahui tipe dan macamnya, kini saatnya masuk pada pembahasan utama kita yaitu solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut ini merupakan 4 cara menghilangkan bekas jerawat dengan resep tradisional seperti dilansir dari beberapa para ahli.

Jeruk nipis

Siapkan satu buah jeruk nipis lalu peras sampai cairannya keluar, basahi kapas dengan cairan tersebut lalu oleskan ke bekas jerawat, tunggu selama beberapa menit lalu bersihkan dengan kain lembut.

Masker putih telur

Putih telur kaya akan protein dan dibutuhkan oleh kulit untuk membantu proses perbaikan sel kulit yang rusak, untuk melakukannya kita hanya harus mengoleskan putih telur ke area yang akan kita obati.

Terapkan secara merata lalu diamkan sampai mengering, setelah benar-benar kering bersihkan dengan air hangat. Lakukan langkah ini sehari dua kali selama 30 hari.

Masker tomat

Tomat mengandung banyak kolagen yang baik untuk membantu regenerasi kulit, buah atau sayur ini bisa kita gunakan dengan dua cara. Cara pertama kita iris tipis-tipis lalu letakkan irisan tersebut ke noda jerawat.

Cara kedua bisa dengan menghaluskannya terlebih dahulu lalu terapkan pada wajah, tunggu beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

Madu dan kentang

Siapkan satu buah kentang dan 1 sendok makan madu, haluskan terlebih dahulu kentang tersebut dengan menggunakan blender atau alat lain.

Setelah benar-benar halus, kita masukkan madu dan aduk hingga rata. Oleskan ke bekas jerawat secara merata dan diamkan selama beberapa menit.

Bilas hingga bersih dengan air hangat, lakukan langkah ini secara teratur sampai bekas tersebut benar-benar hilang dan kulit kembali bersih.

Empat langkah di atas bisa kita coba salah satunya, namun penting diingat bahwa cara tersebut baru dibuktikan keefektifannya pada tipe atau jenis berpigmen.

tags: