4 cara mengatasi rambut kering

mengatasi rambut keringRambut yang terlalu kering dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, sepintas memang terdengar sepele namun jka tidak segera diatasi lambat laun akan menyebabkan kerontokan permanen.

Kekeringan yang terjadi dapat membuatnya kusam, kusut dan mengalami kerapuhan baik dari akar hingga ujungnya.

Untuk mengenl lebih dalam permasalahan ini, para ahli telah berhasil mengidentifikasi berbagai faktor yang diduga kuat menjadi penyebabnya, berikut beberapa diantaranya:

  • Kekurangan omega 3 asam lemak
    Nutrisi ini terdapat pada biji rami, salmon dan ikan laut lainnya
  • Hormon tiroid yang terbatas
    Secara alami tubuh dapat memproduksi hormon ini dalam jumlah dan takaran yang seimbang, namun karena berbagai gangguan yang menyerang tubuh maka tubuh mengalami ketidakmampuan dalam memproduksi hormon penting ini dalam jumlah seimbang, keadaan ini biasa disebut pula dengan nama hypothyroidism.
  • Kekurangan kalsium dan fosfor
    Penyebab utama terjadinya dua hal di atas biasanya karena tubuh tidak mampu memproduksi hormon paratiroid, hormon ini berhubungan erat dengan tingkat kalsium dan fosfor dalam tubuh.
  • Terlalu sering mencucinya
    Kebiasaan mencuci rambut terlalu sering dapat menghilangkan kelembaban alaminya, jika hal ini terus dilakukan bukan tidak mungkin rambut akan mengalami kekeringan.

Jika rambut kita sudah terlanjur bermasalah, maka salah satu solusi yang bisa kita ambil adalah dengan mengikuti dan menjalankan langkah pengobatan tradisional.

Langkah pengobatan yang diambil bisa juga melalui jalan medis, namun karena biaya yang mahal dan masalah belum terlalu berat maka tidak ada salahnya kita mencoba resep warisan nenek moyang kita.

Berikut ini merupakan 4 cara mengatasi rambut kering yang telah digunakan dan dibuktikan keampuhannya oleh nenek moyang kita.

1. Memanfaatkan cairan jeruk nipis

Ambil satu buah jeruk nipis lalu peras kuat-kuat hingga cairannya keluar, cairan ini nantinya akan kita gunakan untuk melumuri semua kulit kepala dan helaiannya.

Oleskan secara merata dan diamkan selama 10 menit, setelah selesai kita dapat membilasnya dengan air bersih tanpa menggunakan shampoo.

2. Menggunakan pisang matang

Sediakan dua buah pisang yang telah masak lalu haluskan, pisang yang telah kita haluskan tadi kita gunakan untuk mengolesi kulit kepala dan rambut mulai dari ujung sampai ke pangkalnya.

Biarkan masker pisang tersebut mengering, setelah kering kita bisa membilasnya dengan air bersih.

3. Putih telur dan yogurt

Putih telur dikenal memiliki kadar protein tinggi yang baik untuk rambut, untuk itulah kita perlu menyediakan satu butir telur lalu mencampurkan yogurt ke dalamnya.

Aduk hingga berbusa dan campurkan juga minyak zaitun sebanyak satu sendok teh dan beberapa tetes jeruk nipis. Setelah semua bahan tersebut menyatu maka kita dapat mulai menerapkannya.

Oleskan dan basahi rambut mulai dari ujung hingga ke pangkal dengan adonan tadi, tutupi kepala dengan plastik atau kain dan biarkan sampai 1 jam penuh.

4. Pemijatan kulit kepala

Untuk langkah yang satu ini bisa kita baca selengkapnya pada halaman berikut [Baca: Mencegah rambut rontok].

tags: