3 cara menumbuhkan rambut

menumbuhkan rambutKerontokan memang menjadi masalah utama manusia, banyak faktor yang memicu gangguan ini muncul, beberapa diantaranya telah kita bahas pada kesempatan terdahulu [Baca: 5 penyebab rambut rontok].

Halaman tersebut menerangkan secara detail tentang 5 hal utama yang memicu terjadinya kerontokan, dengan menghindari semua pemicu tersebut kita dapat menurunkan resiko terhadap masalah kerontokan.

Ikuti pula beberapa langkah penting untuk mencegah terjadinya rambut rontok di halaman berikut [Baca: 3 langkah mudah mencegah rambut rontok].

Namun jika terlanjur mengalami kerontokan, jangan berkecil hati. Ada beberapa tips yang bisa kita jalankan untuk menumbuhkan kembali rambut tersebut, meskipun hasil yang diperoleh seseorang mungkin berbeda dengan orang lain.

Berikut ini merupakan 3 cara menumbuhkan rambut dengan bahan alami seperti yang kami rangkum dari beberapa pakar kesehatan rambut.

1. Madu dan lidah buaya

Sediakan bagian dalam lidah buaya yang berbentuk gel secukupnya, lalu campurkan dengan setengah sendok makan madu. Terapkan ke kulit kepala dan seluruh helaian secara merata.

Diamkan selama beberapa menit agar kulit kepala dan helaian mampu menyerap nutrisi yang ada pada kedua bahan tersebut.

Bilas hingga bersih dengan shampoo bayi atau shampoo bersifat ringan lainnya.

Jika tips ini kita lakukan secara teratur selama beberapa minggu, maka niscaya kita akan melihat peningkatan volume rambut. Selain menebalkan, lidah buaya juga mampu menyehatkan folikel dan akar.

2. Pemijatan dengan olive oil

Olive oil atau minyak zaitun mengandung banyak nutrisi penting untuk mempercepat pertumbuhan rambut, untuk mendapatkan manfaat ini kita hanya perlu menuangkan sedikit minyak zaitun ke tangan.

Lakukan pemijatan secara perlahan ke seluruh bagian kulit kepala, pemijatan ini bertujuan untuk melancarkan sirkulasi atau peredaran darah di kulit kepala.

Tujuan akhirnya adalah agar semua nutrisi dan vitamin yang kita makan setiap harinya dapat diterima dengan baik oleh kulit kepala.

3. Shampoo plus bawang

Bawang mengandung zat belerang, zat atau senyawa ini dikenal ampuh dalam menyingkirkan semua gangguan yang diakibatkan oleh jamur.

Seperti kita tahu bahwa salah satu penyebab kerontokan yang terjadi mungkin disebabkan karena adanya infeksi jamur di kulit kepala.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, iris tipis-tipis bawang secukupnya lalu campurkan ke dalam shampoo yang biasa kita gunakan. Tunggu beberapa hari lalu gunakan shampoo tersebut untuk keramas.

Meskipun lebih rumit dibanding dua langkah di atas, namun manfaatnya lebih cepat kita rasakan setelah beberapa kali penggunaan.

Selain tiga tips di atas, biasakan pula untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh rambut, beberapa diantaranya telah dijelaskan beberapa hari yang lalu [Baca: 7 vitamin untuk rambut].

Ikuti semua tips di atas secara berkala, niscaya kita akan terhindar dari bahaya kerontokan yang banyak terjadi.

tags: